close
Permasalahan Ekonomi Di Indonesia (Materi Lengkap) - Tulisan-Tulisan Kuliahku

Halaman

Sabtu, 26 Januari 2013

Permasalahan Ekonomi Di Indonesia (Materi Lengkap)

Permasalahan ekonomi yang terjadi di suatu negara sanggup memperlambat laju pertumbuhan ekon Permasalahan Ekonomi di Indonesia (Materi Lengkap)harapan tersebut, pemerintah perlu mengusahakan kebijakan di bidang ketenagakerjaan, contohnya perbaikan kualitas tenaga kerja/sumber daya manusia, membuat lapangan pekerjaan, mendorong tumbuhnya investasi dan modal, menyediakan info lapangan pekerjaan, serta memperlihatkan training dan keterampilan bagi tenaga kerja.

4. Kesenjangan Penghasilan

Penghasilan dipakai masyarakat untuk memenuhi aneka macam kebutuhannya. Dalam masyarakat terdapat kelompok masyarakat dengan penghasilan tinggi dan kelompok masyarkaat denga penghasilan rendah. Masyarakat yang mempunyai penghasilan tinggi bisa memenuhi kebutuhan hidupnya mulai dari kebutuhan primer, sekunder, sampai tersier. Sementara itu, kelompok masyarakat yang mempunyai penghasilan rendah tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya meskipun kebutuhan yang paling dasar.

Perbedaan kelompok masyarakat dengan penghasilan tertentu menjadikan permasalahan kesenjangan penghasilan. Oleh lantaran itu, diharapkan tugas pemerintah dalam memeratakan penyaluran distribusi pendapatan. Hal ini dilakukan untuk meratakan kemampuan masyarakat dalam menikmati hasil pembangunan. Selain itu, upaya pemerintah dalam meratakan penghasilan bertujuan untuk mengurangi kesenjangan dan kecemburuan sosial masyarakat.

5. Inflasi

Berdasarkan data BPS inflasi Indonesia pada tahun 2011 sebesar 3,79%. Inflasi yang terjadi di Indonesia disebabkan tingginya ajakan agregat, sementara ajakan barang dan jasa tidak diimbangi dengan kemampuan produksi dan kenaikan biaya produksi. Inflasi ditandai oleh kenaikan harga baarang dan jasa secara keseluruhan. Hal ini akan menjadikan penurunan daya beli masyarakat terhadap barang dan jasa. Inflasi berdampak pada lesunya acara perekonomian, kurangnya iman masyarkat terhadap kinerja pemerintah, melemahnya nilai rupiah, dan ketidakstabilan perekonomian negara. Berdasarkan sumbernya inflasi sanggup digolongkan menjadi dua, ialah inflasi tarikan ajakan dan inflasi dorongan biaya.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

Facebook Twitter Google+

Back To Top