close
“Apakah Aku Depresi?” - Tulisan-Tulisan Kuliahku

Halaman

Senin, 21 Januari 2013

“Apakah Aku Depresi?”

Selamat pagi.
Kak Hedi, boleh gak saya nanyak? Saya *****. Saya siswa di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Jakarta (Sebelumnya tolong jaga privasi saya). Saya merasa punya banyak tekanan, unek-unek, maupun kesedihan. Disamping itu saya juga merasa senang dan bahagia.
Begini ceritanya. Sekarang saya telah mempunyai pacar yaitu seorang perjaka yang ganteng dan setia sama saya. Itu menciptakan saya sangat senang dan senang alasannya ia juga kebetulan satu sekolah dengan saya. Disamping itu saya yaitu orang yang pendiam dan tidak sanggup mengikuti ekspresi dominan belum dewasa Jakarta sehingga saya tidak mempunyai teman. Saya juga sering dibully dan itu menciptakan saya minder.
Setelah saya membaca beberapa artikel salah satunya ihwal Depresi yang abang buat. Saya jadi bingung, bekerjsama saya sedang depresi atau tidak? Bagaimana cara mengetahui apakah saya sedang depresi? Tolong bantu saya, terima kasih.
*****putri*****@yahoo.co.id


Depresi yaitu akhir dari penyesalan dan kekecewaan. Bagaimana cara mengetahui apakah kita sedang depresi atau tidak? Depresi sanggup diukur. Saya sanggup caranya dari buku Kunci Meraih Kebahagiaan Remaja karya Valentina Rian Prastiwi. Caranya yaitu dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan jujur. Jawablah dengan hati dan perasaan Anda ketika ini. Kejujuran tanggapan Anda yang akan memilih keakuratan jawaban. Tidak ada tanggapan yang benar dan salah dalam pilihan ini. Jawablah dengan sistematis dan jangan dulu scroll ke paling bawah sebelum tamat menjawab. Langsung saja kita simak yang pertama:
I. Apakah ketika ini Anda merasa sedih?
Poin Pilihan
0. Saya tidak merasa sedih.
1. Saya merasa sedih
2. Saya duka sepanjang waktu dan tidak sanggup mengubahnya
3. Saya begitu duka atau tidak besar hati sehingga saya sama sekali tidak suka.
II. Apakah harapan Anda untuk masa depan?
0. Saya tidak berkecil hati ihwal masa depan.
1. Saya merasa berkecil hati ihwal masa depan.
2. Saya merasa tidak mempunyai apa-apa yang diharapkan.
3. Saya merasa bahwa masa depan tidak ada impian dan bahwa segalanya tidak sanggup membaik.
III. Apakah Anda merasa gagal?
0. Saya tidak merasa gagal.
1. Saya merasa lebih gagal lebih dari rata-rata orang.
2. Saat saya melihat masa lalu, semua yang sanggup saya lihat yaitu banyak kegagalan.
3. Saya merasa saya yaitu orang yang gagal total.
IV. Apakah Anda mencicipi kepuasan dalam hidup ini?
0. Saya mendapat banyak kepuasan dari banyak hal, menyerupai biasanya.
1. Saya tidak menikmati hal-hal menyerupai biasanya.
2. Saya tidak lagi mendapat kepuasan sesungguhnya dari setiap hal.
3. Saya tidak puas dan bosan dengan segala sesuatu.
V. Apakah Anda merasa bersalah terhadap sesuatu?
0. Saya tidak merasa bersalah.
1. Saya merasa bersalah dalam sebagian kecil waktu.
2. Saya merasa agak bersalah dalam sebagian besar waktu.
3. Saya merasa bersalah sepanjang waktu.
VI. Apakah kegagalan yang pernah Anda alami sebagai sebagai hukuman?
0. Saya tidak merasa sedang dihukum.
1. Saya merasa mungkin dihukum.
2. Saya perkirakan saya dihukum.
3. Saya merasa saya sedang dihukum.
VII. Apakah Anda merasa kecewa dengan diri Anda?
0. Saya tidak kecewa pada diri saya.
1. Saya kecewa pada diri saya.
2. Saya jijik dengan diri saya.
3. Saya membenci diri saya.
VIII. Apakah Anda masih mempunyai minat terhadap orang lain?
0. Saya tidak kehilangan minat pada orang lain.
1. Saya kurang berminat pada orang lain dibanding biasanya.
2. Saya kehilangan sebagian besar minat saya pada orang lain.
3. Saya kehilangan semua minat saya pada orang lain.
IX. Apakah Anda sanggup menciptakan suatu keputusan?
0. Saya menciptakan keputusan sebaik yang saya dapat.
1. Saya menunda menciptakan keputusan lebih dari biasanya.
2. Saya sangat sulit menciptakan keputusan dibanding biasanya.
3. Saya tidak sanggup menciptakan keputusan sama sekali.
X. Apakah Anda merasa diri Anda lebih jelek dari biasanya?
0. Saya tidak merasa tampak lebih jelek dari biasanya.
1. Saya khawatir bahwa saya tampak bau tanah atau tidak menarik.
2. Saya merasa terdapat perubahan menetap pada penampilan saya yang menciptakan saya terlihat tidak menarik.
3. Saya yakin bahwa saya tampak buruk.
XI. Apakah Anda sanggup bekerja menyerupai biasanya?
0. Saya sanggup bekerja sebaik biasanya.
1. Saya memerlukan perjuangan ekstra untuk memulai mengerjakan sesuatu.
2. Saya harus sangat memaksa diri untuk melaksanakan sesuatu.
3. Saya tidak sanggup bekerja sama sekali.
XII. Apakah Anda sanggup tidur dengan nyenyak?
0. Saya sanggup tidur sebaik biasanya.
1. Saya lebih gampang lelap dibanding biasanya.
2. Saya lelah sehabis melaksanakan sebagian besar pekerjaan.
3. Saya terlalu lelah untuk melaksanakan sesuatu.
XII. Apakah Anda gampang merasa lelah?
0. Saya tidak merasa lelah lebih dari biasanya.
1. Saya lebih gampang lelah dibanding biasanya.
2. Saya lelah seterlah melaksanakan sebagian besar pekerjaan.
3. Saya terlalu lelah untuk melaksanakan sesuatu.
XIV. Apakah naftsu makan Anda berkurang?
0. Naftsu makan saya tidak lebih jelek dari biasanya.
1. Naftsu makan saya tidak sebaik biasanya.
2. Naftsu makan saya jauh lebih jelek sekarang.
3. Saya tidak mempunyai naftsu makan sama sekali.
XV. Apakah Anda selalu merasa bersalah?
0. Saya tidak merasa lebih jelek dibanding dengan orang lain.
1. Saya kritis terhadap diri saya untuk kelemahan atau kesalahan saya.
2. Saya menyalahkan diri saya untuk kesalahan saya sepanjang waktu.
3. Saya menyalahkan diri saya untuk setiap hal jelek yang terjadi.
XVI. Apakah Anda ingin bunuh diri?
0. Saya tidak terpikir untuk bunuh diri.
1. Saya berpikir untuk bunuh diri tetapi tidak akan melakukannya.
2. Saya ingin bunuh diri.
3. Saya akan bunuh diri kalau ada kesempatan.
XVII. Apakah ketika ini mencicipi gangguan pada kesehatan?
0. Saya tidak lebih khawatir ihwal kesehatan dibanding biasanya.
1. Saya khawatir ihwal problem fisik menyerupai sakit dan nyeri atau gangguan lambung atau kontipasi.
2. Saya sangat khawatir ihwal problem fisik, dan sulit untuk memikirkan banyak hal lain.
3. Saya begitu khawatir ihwal problem fisik saya sehingga saya tidak sanggup melaksanakan hal-hal lain.
XVII. Apakah Anda selalu menangis?
0. Saya tidak menangis lagi dibanding biasanya.
1. Saya lebih banyak menangis kini dibandingkan biasanya.
2. Saya menangis sepanjang waktu sekarang.
3. Saya biasanya sanggup menangis, tetapi kini saya tidak sanggup menangis meskipun saya ingin.
XIX. Apakah Anda masih mempunyai minat terhadap secks?
0. Saya tidak memperhatikan adanya perubahan minat terhadap secks belakangan ini.
1. Saya kurang tertarik terhadap secks dibanding biasanya.
2. Saya sangat kurang tertarik terhadap secks sekarang.
3. Saya benar-benar hilang minat terhadap secks.
XX. Apakah ketika ini Anda merasa kesal?
0. Sekarang saya tidak lebih kesal dibanding biasanya.
1. Saya lebih gampang terganggu atau kesal dibanding biasanya.
2. Sekarang saya merasa kesal sepanjang waktu.
3. Saya tidak dibentuk kesal sama sekali oleh hal-hal yang biasanya menciptakan saya kesal.
XXI. Apakah Anda merasa berat tubuh Anda menurun?
0. Jika ada penurunan berat badan, saya tidak banyak mengalaminya belakangan ini.
1. Berat tubuh saya berkurang lebih dari 2,5 kg.
2. Berat tubuh saya berkurang lebih dari 5 kg.
3. Berat tubuh saya berkurang lebih dari 7,5 kg.

Skor:

0-9 : Normal
10 – 15 : Gejala depresi ringan
16 – 19 : Gejala depresi ringan sedang
20 – 29 : Gejala depresi sedang berat
30 : Gejala depresi berat


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian
Facebook Twitter Google+

Back To Top