close
Tips Berguru Menjelang Un - Tulisan-Tulisan Kuliahku

Halaman

Sabtu, 19 Januari 2013

Tips Berguru Menjelang Un

 Sekolah Menengah Pertama maupun abang Sekolah Menengan Atas kelas selesai sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian nasiona Tips Belajar Menjelang UNyakin semua adik-adik SD, Sekolah Menengah Pertama maupun abang Sekolah Menengan Atas kelas selesai sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian nasional yang katanya akan ada 20 paket ini. 20 paket soal? Yap begitulah. Dengan jumlah paket yang sebanyak itu, jadi kemungkinan untuk berbuat curang menyerupai menyontek sanggup diminimalisir. Nah, bagaimana biaya bimbel yang cukup mahal, dan menciptakan siswa mumet dan kebingungan.

Mengapa sanggup mengurangi waktu santai? Seperti yang telah kita ketahui bahwa kemampuan otak dalam menyerap pelajaran sangat terbatas oleh waktu. Nah, sebaiknya sehabis kita pulang sekolah, kita istirahat dulu untuk ‘mendinginkan otak’ biar otak jadi makin fresh ketika mencar ilmu di malam hari. Namun, kalau kita mengikuti bimbel, kita tidak sanggup istirahat yang cukup sehingga bisa saja apa yang telah kita pelajari ketika di sekolah tadi pagi bisa kita lupakan atau terganggu oleh pelajaran yang didapat di bimbel. Selain itu, kita juga akan kehilangan waktu olahraga yang sangat penting bagi kita.

Mengapa sanggup menciptakan mumet dan kebingungan? Nah menyerupai yang telah kita ketahui bahwa bimbel selalu memperlihatkan cara menjawab soal yang berbeda dibandingkan cara menjawab soal yang diajarkan di sekolah. Itulah yang menciptakan kita resah ketika ujian nasional nanti. Kita akan resah mau milih cara yang mana dan bahkan kita bisa lupa dengan kedua cara menjawab tersebut. Cara menjawab yang diberikan oleh bimbel juga melanggar aturan mencar ilmu aku yaitu ‘pahami bukan hafalin!'. Jika kita diberikan konsep uang itu kita belikan banyak sekali buku pola soal beserta pembahasan. Pembahasan maksudnya cara menjawab soal tersebut. Biasanya diberikan cara menjawab dengan rumus yang biasa dan juga diberikan cara cepat (bila ada). Membeli buku tersebut paling tidak kita bisa menghemat uang sampai jutaan Rupiah. Namun, bukunya harus dibaca, dipahami, dijawab, diperiksa, dan dipahami donk!

3. Malas belajar? Belajar kelompok!

Jika Anda ialah orang yang tipenya malas belajar. Memang anggun kalau Anda mengikuti bimbel alasannya itu menciptakan Anda mau belajar. Dan lebih anggun lagi kalau kita mencar ilmu kelompok bersama orang pintar. Ajaklah sobat atau ‘grup’ Anda dan ajaklah minimal satu orang yang Anda anggap berakal dan bisa mengajari Anda. Teman Anda yang berakal tersebut jauh lebih efektif alasannya kita sudah lebih bersahabat dengannya. Ajaklah maksimal 5 orang biar belajarnya lebih fokus.

4. Olahraga dan Makan yang Teratur

Olahraga dan makan yang teratur menciptakan otak kita menjadi segar, berenergi, dan lebih berkonsentrasi ketika belajar. Jadi, olahragalah secara teratur setiap sore dan makan makanan yang bergizi dan seimbang.

5. Berdoa

Berdoa bukanlah yang terakhir letaknya. Berdoa itu letaknya di awal, di tengah, dan di selesai kita belajar. Jangan pernah berhenti berdoa. Supaya kita selamat dan sukses.

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. Tips Menghadapi UN: Belajar Sebelum Ujian

  2. Tips Menghadapi Ujian Nasional SMP


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

Facebook Twitter Google+

Back To Top