close
Pengertian Sosialisasi (Artikel Lengkap) - Tulisan-Tulisan Kuliahku

Halaman

Sabtu, 05 Januari 2013

Pengertian Sosialisasi (Artikel Lengkap)

(Merupakan bab dari bahan sosiologi perihal Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian)

Sosialisasi menunjuk pada semua faktor dan proses yang menciptakan setiap insan menjadi selaras dalam hidupnya di tengah-tengah masyarakat. Seorang anak dikatakan telah melaksanakan sosialisasi dengan baik, apabila ia bukan hanya menampilkan kebutuhannya sendiri saja, tetapi juga memerhatikan kepentingan dan tuntutan orang lain.
Pengertian sosialisasi secara umum sanggup diartikan sebagai proses mencar ilmu individu untuk mengenal dan menghayati norma-norma serta nilai-nilai sosial sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan atau sikap masyarakatnya.
Proses pembelajaran berlangsung secara bertahap, perlahan tapi niscaya dan berkesinambungan. Pada awalnya, proses itu berlangsung dalam lingkungan keluarga, kemudian berlanjut pada lingkungan sekitarnya, yaitu lingkungan tetangga, kampung, kota, hingga lingkungan negara dan dunia. Di samping itu, individu mengalami proses enkulturasi (pembudayaan), yaitu individu mempelajari dan menyesuaikan alam pikiran dan sikapnya dengan moral istiadat, sistem norma, dan peraturan yang berlaku dalam kebudayaan masyarakatnya.
Manusia lahir ke dunia sebagai bayi yang penuh dengan segala macam kebutuhan fisik. Kemudian ia menjadi seorang insan dengan seperangkat nilai dan sikap, kesukaan dan ketidaksukaan, tujuan serta maksud, referensi reaksi dan konsep yang mendalam, serta konsisten dengan dirinya. Setiap orang memperoleh semua itu melalui suatu proses mencar ilmu yang kita sebut sebagai sosialisasi, yakni proses mencar ilmu yang mengubahnya menjadi seorang pribadi yang manusiawi. Sosialisasi yakni suatu proses di mana seseorang menghayati (internalize) norma-norma kelompok di mana ia hidup sehingga timbullah ‘diri’ yang unik. Definisi sosialisasi ialah proses mempelajari kebiasaan dan tata kelakuan untuk menjadi suatu bab dari suatu masyarakat, sebagian yakni proses mempelajari peran.

Pengertian sosialisasi berdasarkan para ahli:

1. Soerjono Soekanto
Sosialisasi yakni proses sosial daerah seorang individu mendapat pembentukan sikap untuk berperilaku yang sesuai dengan sikap orang-orang di sekitarnya.
2. Peter L. Berger
Sosialisasi ialah proses pada seorang anak yang sedang mencar ilmu menjadi anggota masyarakat. Adapun yang dipelajarinya ialah peranan referensi hidup dalam masyarakat yang sesuai dengan nilai dan norma-norma maupun kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat.
3. Charlotte Buhler
Sosialisasi yakni proses yang membantu individu-individu mencar ilmu dan mengikuti keadaan terhadap bagaimana cara hidup dan bagaimana cara berpikir kelompoknya, biar ia sanggup berperan dan berfungsi dalam kelompoknya.
4. Koentjaraningrat
Sosialisasi yakni seluruh proses di mana seorang individu semenjak masa kanak-kanak hingga dewasa, berkembang, berhubungan, mengenal, dan mengikuti keadaan dengan individu-individu lain yang hidup dalam masyarakat sekitarnya.
5. Irvin L. Child
Sosialisasi yakni segenap proses yang menuntut individu berbagi potensi tingkah laris aktualnya yang diyakini kebenarannya dan telah menjadi kebiasaan serta sesuai dengan standar dari kelompoknya.
6. Kamus Besar Bahasa Indonesia
Sosialisasi artinya suatu proses mencar ilmu seorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati kebudayaan masyarakat di lingkungannya.
7. Bruce J. Cohen
Sosialisasi yakni proses-proses insan mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakat untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitasnya biar berfungsi dengan baik sebagai individu maupun sebagai anggota.
8. Paul B. Horton
Sosialisasi yakni suatu proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarakat daerah tinggalnya sehingga akan membentuk kepribadiannya.
9. Prof. Dr. Nasution, S.H.
Sosialisasi yakni proses membimbing individu ke dalam dunia sosial (sebagai warga masyarakat yang dewasa).
10. Sukandar Wiraatmaja
Sosialisasi yakni proses mencar ilmu mulai bayi untuk mengenal dan memperoleh sikap, pengertian, gagasan dan referensi tingkah laris yang disetujui oleh masyarakat.
11. Jack Levin dan James L. Spates
Sosialisasi yakni proses pewarisan dan pelembagaan kebudayaan ke dalam kepribadian individu.
12. John C. Macionis
Sosialisasi yakni pengalaman sosial seumur hidup di mana individu sanggup berbagi potensinya dan mempelajari pola-pola kehidupan


Berdasarkan pengertian sosialisasi yang dikemukakan di atas, sanggup ditarik beberapa kesimpulan berikut.
  • Sosialisasi ditempuh seorang individu melalui proses mencar ilmu untuk memahami, menghayati, menyesuaikan, dan melaksanakan suatu tindakan sosial yang sesuai dengan referensi sikap masyarakatnya.
  • Sosialisasi ditempuh seorang individu secara sedikit demi sedikit dan berkesinambungan, semenjak ia dilahirkan hingga selesai hayatnya.
  • Sosialisasi akrab sekali kaitannya dengan enkulturasi atau proses pembudayaan, yaitu suatu proses mencar ilmu seorang individu untuk mencar ilmu mengenal, menghayati, dan menyesuaikan alam pikiran serta sikapnya terhadap sistem moral dan norma, serta semua peraturan dan pendirian yang hidup dalam lingkungan kebudayaan masyarakatnya

Sumber:
Soekanto, Soerjono. 1982. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Setyono, Budhi. 2011. Bahas Total Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi Sekolah Menengan Atas kelas X IPA. Jakarta Selatan: KAWAHmedia.
Mulyadi, Yad. 2012. Panduan Sosiologi Sekolah Menengan Atas Kelas X. Jakarta Timur: Yudhistira.
Tim MGMP Kota Denpasar. 2012. TUNTAS (Tuntunan Ke Universitas) Sosiologi untuk Sekolah Menengan Atas / MA Kelas X. Denpasar: Graha Pustaka.
Pengertian Sosialisasi (id.shvoong.com)
7 pengertian sosialisasi berdasarkan para ahli (anggundm.blogspot.com)


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran
Facebook Twitter Google+

Back To Top