maksimal. Namun, ada saja hal-hal yang sepele atau kurangnya perilaku profesional salah satu anggota kelompok sehingga kerjasama sulit dilakukan. Ada setidaknya 9 hal yang menciptakan hasil kerja tim atau kelompok kurang bagus. Nah, apa sajakah 9 hal penyebab hasil kerja kelompok kurang maksimal. Langsung saja kita simak yang pertama:
1. Rasa benci antar anggota kelompok
Sesama anggota kelompok ada saja yang saling membenci atau saling tidak menyukai satu sama lain. Sehingga beliau merasa sirik dan tidak mau bekerja bersama beliau atau selalu menolak pendapat salah satu anggota kelompoknya. Bahkan lebih jelek lagi, anggota kelompok saling bertengkar alasannya yaitu beliau merasa diperlakukan secara tak pantas. Ada juga yang menyukai salah satu anggota kelompok sehingga semua pendapatnya disetujui begitu saja.
2. Ada ‘bos’
Dalam kelompok kerja, pastilah ada seorang ‘bos’ atau ketua yang bertugas mengatur anggota kelompoknya.Terkadang, ada saja ketua yang ingin menang sendiri. Hanya keputusannya saja yang boleh dipakai. Tak peduli apakah keputusannya itu salah atau benar. Sehingga anggotanya tidak bisa mengeluarkan pendapat-pendapatnya dan hanya bisa melaksanakan perintah atau instruksi dari sang ketua.
terdesak. Dia juga membiarkan orang lain bekerja walaupun hanya sebagian kecil (bahkan dalam beberapa kasus hanya satu orang saja yang bekerja) sehingga hasil kerja kelompok tidak sesuai dengan yang diperlukan seluruh anggota kelompok. 6. Suka menunda-nunda
Ada kelompok yang suka menunda-nunda pekerjaan dan hanya dikerjakan satu hari sebelum hari H. Mungkin alasannya yaitu beliau lupa atau alasannya yaitu mereka punya prinsip: “jika bisa besok, mengapa kita lakukan hari ini”. Selesaikanlah pekerjaan kalian dulu, nanti gres mengerjakan hal yang lain. Biar lebih plong dan tenang.
7. Tidak ada yang berani bertanggung jawab
Suatu kelompok membutuhkan seseorang yang berani dan cerdas untuk menjadi penanggung jawab kalau kelompoknya melaksanakan kesalahan. Nah, terkadang ada saja kelompok yang tidak mempunyai orang semacam itu sehingga mereka tidak berani bertindak dan hanya bergantung pada orang lain.
8. Tidak bisa memakai kemudahan secara maksimal
Terkadang hasil kerja kelompok tidak maksimal alasannya yaitu mereka tidak bisa memakai sumber daya yang ada. Seperti perpustakaan, area Wi-Fi gratis, komputer sekolah, software canggih, guru pembimbing, narasumber, orang lain yang bisa membantu, kendaraan, dll. Dengan memakai semuanya secara maksimal, kita bisa mengurangi biaya yang banyak. Tak apalah menghabiskan sedikit bensin untuk pergi ke perpustakaan daripada membeli buku di toko buku terdekat yang harganya mencapai puluhan ribu Rupiah.
9. Tidak tahu potensi dan kemampuan masing-masing kelompoknya
Tidak mengetahui potensi dan kemampuan masing-masing kelompoknya menciptakan salah satu anggota kelompoknya tidak bekerja dan hasil kerja kelompok tidak maksimal. Dengan begitu, anggota yang pendiam dan pemalu tetapi cerdik dalam suatu hal yang mempunyai kegunaan bagi kelompoknya (misalnya cerdik di bidang IT), maka beliau tidak bisa bekerja sebagai editor dalam suatu kiprah kelompok. Terpaksalah orang yang kurang bisa IT yang mengerjakannya.
Tetap Semangat! | Catatan Harian
Belum ada Komentar untuk "9 Hal Penyebab Hasil Kerja Kelompok Kurang Maksimal"
Posting Komentar