close
Artikel - 20 Bagian-Bagian Ginjal Beserta Fungsinya - Tulisan-Tulisan Kuliahku

Halaman

Senin, 11 Februari 2019

Artikel - 20 Bagian-Bagian Ginjal Beserta Fungsinya

Ginjal yaitu salah satu orang yang terpenting dalam manusia. Ginjal berfungsi sebagai alat untuk menyaring darah dan merupakan salah satu bab dari sistem ekskresi pada manusia. Ginjal kita pada umumnya mempunyai sepasang yaitu terletak di bab bawah perut kita. Ginjal terdiri dari banyak bagian. Ginjal terdiri dari 20 bab utama dan bab yang turut terlibat yaitu kelenjar adrenal, ginjal, arteri ginjal, vena ginjal, vena cava inferior, aorta abdominalis, ureter, kandung kemih, uretra, calyces, pelvis, medula, korteks, nefron, glomerulus, kapsula bowman, tubulus kontortus proksimal, lengkung henle, tubulus kontortus distal, dan tubulus kolektivus. Berikut yaitu gambar ginjal dan bagian-bagiannya dalam Bahasa Indonesia yang sanggup membantu Anda untuk semakin memahami alat ekskresi ginjal. Langsung saja kita simak selengkapnya…..
Ginjal terletak di rongga perut sebelah kanan dan kiri ruas tulang belakang. Gambar di bawah yaitu gambar ginjal di dalam perut perempuan. Sebenarnya sama saja dengan yang pada pria tetapi yang membedakannya hanya di bab uterus saja. Berikut yaitu gambar yang mengatakan letak ginjal di perut insan beserta bagian-bagiannya dalam Bahasa Indonesia:
Ginjal yaitu salah satu orang yang terpenting dalam insan Artikel -  20 Bagian-Bagian Ginjal Beserta Fungsinya
Bagian-bagian yang dicetak tebal yaitu bab terpenting dalam ginjal. Berikut yaitu klarifikasi dari bagian-bagian ginjal:
  1. Diafragma (bukan bab dari ginjal, melainkan bab dari sistem pernapasan pada manusia).
  2. Kelenjar adrenal yaitu kelenjar endokrin berbentuk segitiga yang terletak di atas ginjal (ad, "dekat" atau "di" + renes, "ginjal"). Kelenjar ini bertanggung jawab pada pengaturan respon stress pada sintesis kortikosteroid dan katekolamin, termasuk kortisol dan hormon adrenalin.
  3. Ginjal terdiri dari 2 buah. Gambar di atas mengatakan posisi ginjal di dalam perut kita.
  4. Arteri ginjal yaitu pembuluh nadi yang berfungsi untuk membawa darah ke dalam ginjal untuk disaring di glomerulus.
  5. Vena ginjal yaitu pembuluh balik yang berfungsi untuk membawa darah keluar dari ginjal menuju vena cava inferior kemudian kembali ke jantung.
  6. Vena cava inferior (pembuluh balik besar bawah) yaitu pembuluh darah yang mendapatkan darah dari tubuh dan kedua kaki. Darah yang dibawa oleh pembuluh darah jenis ini mengandung banyak CO2.
  7. Aorta abdominalis yaitu arteri terbesar di cavitas abdominalis atau rongga perut. Sebagai bab dari aorta, aorta abdominalis yaitu kelanjutan dari aorta descendens.
  8. Ureter yaitu suatu susukan muskuler berbentuk silinder yang menghantarkan urin dari ginjal menuju kandung kemih.
  9. Uterus (bukan merupakan bab dari ginjal, melainkan merupakan bab dari sistem reproduksi pada manusia).
  10. Kandung kemih yaitu organ tubuh yang mengumpulkan urine (air kencing) yang dikeluarkan oleh ginjal sebelum dibuang.
  11. Uretra adalah susukan yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh yang berfungsi sebagai susukan pembuang baik pada sistem kemih atau ekskresi dan sistem seksual.
Ginjal terdiri dari 3 bab utama yaitu korteks, medula, dan pelvis. Ketiga bab itu sangat penting bagi ginjal. Jika salah satu bab ginjal dibelah, maka kita akan sanggup melihat lebih dalam lagi bagian-bagian ginjal. Berikut yaitu gambar ginjal beserta bagian-bagiannya:
Ginjal yaitu salah satu orang yang terpenting dalam insan Artikel -  20 Bagian-Bagian Ginjal Beserta Fungsinya
Bagian ginjal yang dicetak tebal yaitu bab utama dalam ginjal. Berikut yaitu klarifikasi bagian-bagian di dalam ginjal:
  1. Ginjal terletak di bab perut. Gambar ginjal di atas yaitu ginjal kiri yang telah dibelah.
  2. Calyces yaitu suatu penampung berbentuk cangkir dimana urin terkumpul sebelum mencapai kandung kemih melalui ureter.
  3. Pelvis yaitu daerah bermuaranya tubulus yaitu daerah penampungan urin sementara yang akan dialirkan menuju kandung kemih melalui ureter dan dikeluarkan dari tubuh melalui uretra.
  4. Medula terdiri atas beberapa tubuh berbentuk kerucut (piramida). Di sini terdapat lengkung henle yang menghubungkan tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal.
  5. Korteks di dalamnya terdapat jutaan nefron yang terdiri dari tubuh malphigi. Badan malphigi tersusun atas glomerulus yang diselubungi kapsula Bowman dan tubulus(saluran) yang terdiri dari tubulus kontortus proksimal, tubulus kontortus distal, dan tubulus kolektivus.
  6. Ureter yaitu suatu susukan muskuler berbentuk silinder yang menghantarkan urin dari ginjal menuju kandung kemih.
  7. Vena ginjal yaitu pembuluh balik yang berfungsi untuk membawa darah keluar dari ginjal menuju vena cava inferior kemudian kembali ke jantung.
  8. Arteri ginjal yaitu pembuluh nadi yang berfungsi untuk membawa darah ke dalam ginjal untuk disaring di glomerulus.
Di dalam korteks terdapat jutaan nefron. Nefron yaitu unit fungsional terkecil dari ginjal yang terdiri atas tubulus kontortus proximal, tubulus kontortus distal dan duktus koligentes. Berikut yaitu gambar bagian-bagian di dalam nefron:
Ginjal yaitu salah satu orang yang terpenting dalam insan Artikel -  20 Bagian-Bagian Ginjal Beserta Fungsinya
Berikut yaitu klarifikasi bagian-bagian di dalam nefron:
  1. Nefron: Adalah daerah penyaringan darah. Di dalam ginjal terdapat lebih dari 1 juta buah nefron. 1 nefron terdiri dari glomerulus, kapsula bowman, tubulus kontortus proksimal, lengkung henle, tubulus kontortus distal, dan tubulus kolektivus.
  2. Glomerulus: Tempat penyaringan darah yang akan menyaring air, garam, asam amino, glukosa, dan urea. Menghasilkan urin primer.
  3. Kapsula bowman: Adalah semacam kantong/kapsul yang membungkus glomerulus. Kapsula bowman ditemukan oleh Sir William Bowman.
  4. Tubulus kontortus proksimal: Adalah daerah penyerapan kembali/reabsorpsi urin primer yang menyerap glukosa, garam, air, dan asam amino. Menghasilkan urin sekunder.
  5. Lengkung henle: Penghubung antara tubulus kontortus proksimal dengan tubulus kontortus distal.
  6. Tubulus kontortus distal: Tempat untuk melepaskan zat-zat yang tidak mempunyai kegunaan lagi atau berlebihan ke dalam urin sekunder. Menghasilkan urin sesungguhnya.
  7. Tubulus kolektivus: Adalah tabung sempit panjang dalam ginjal yang menampung urin dari nefron, untuk disalurkan ke pelvis menuju kandung kemih.

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. Bagian-Bagian Alat Ekskresi Pada Ginjal

  2. Detail Ginjal (Dalam Bahasa Indonesia)

  3. Sistem Ekskresi Pada Manusia (Rangkuman & Ringkasan)

  4. Alat-Alat Ekskresi pada Manusia

  5. Sistem Ekskresi Pada Manusia

Sumber:
1. Kelenjar adrenal (id.wikipedia.org)
2. renal artery (id.wiktionary.org)
3. Fungsi renal artery, renal pelvis, renal vein, medulla, cortex pada ginjal? (id.answers.yahoo.com)
4. Vena cava (id.wikipedia.org)
5. Aorta abdominalis (id.wikipedia.org)
6. Kandung kemih (id.wikipedia.org)
7. Sistem Ekskresi Pada Manusia (Rangkuman & Ringkasan) (hedisasrawan.blogspot.com)
8. Ureter (id.wikipedia.org)
9. Uretra (id.wikipedia.org)
10. Tugas Patofisiologi (ansarisaleh.blog.ugm.ac.id)
11. Detail Ginjal (Dalam Bahasa Indonesia) (hedisasrawan.blogspot.com)
12. Nefron (id.wikipedia.org)


Semoga bermanfaat,
Tetap Semangat! | Materi Pelajaran
Facebook Twitter Google+

Back To Top