close
Manfaat Administrasi Waktu Belajar - Tulisan-Tulisan Kuliahku

Halaman

Minggu, 17 Februari 2013

Manfaat Administrasi Waktu Belajar

satunya cara untuk menjadi pintar yaa dengan berguru Manfaat Manajemen Waktu Belajarmaksimal. Rata-rata dalam satu hari ada 4 mata pelajaran. Kaprikornus kita bagi 4 jam berguru kita itu dengan 4 mata pelajaran. Jadi, kita punya 1 jam untuk berguru masing-masing mata pelajaran yang akan kita sanggup besok.

Nah, contohnya kita pulang sekolah jam 12 siang dan tidur jam 9 malam. Dengan berguru 4 jam setiap hari, berarti kita memiliki 5 jam waktu luang. Cukup banyak bukan? Jika kita tidak memiliki hal yang kita kerjakan ketika waktu luang, cobalah untuk berguru lagi, membaca buku atau gosip di internet untuk menambah wawasan, atau kita sanggup mengerjakan PR.

(Selengkapnya baca artikel perihal Cara Belajar yang Baik dan Benar)

Namun, ada dua hal yang harus kita perhatikan ketika kita memanajemen waktu belajar, yaitu tetap konsisten dan fokus. Tetap konsisten maksudnya yaitu buatlah jam berguru itu mutlak tanpa dilanggar satu kali pun. Dengan begitu, kita sudah menciptakan rujukan (kebiasaan) belajar. Tapi, jikalau satu kali saja Anda melanggar atau mengendur rujukan itu, maka rujukan itu akan berubah untuk selamanya. Jika kita terus membiarkan diri untuk tidak belajar, maka kita akan terus memaklumi perbuatan itu.

Dan yang kedua yaitu fokus, selama waktu berguru kita harus fokus kepada Buku-Buku Penunjang Belajar Saya)

1 jam berguru itu pun harus kita manajemen. Misalnya: Dalam satu jam, kita sanggup berguru satu mata pelajaran. Jadi, kita pergunakan waktu 15 menit untuk membaca materi, 30 menit untuk latihan soal, dan yang terakhir untuk evaluasi. Pertama-tama kita gunakan 15 menit waktu untuk membaca ringkasan bahan atau bahan pelajaran yang akan kita pelajari. Baca dan pahami yang kita baca. Bila kita tidak paham, baca lagi, lagi, dan lagi hingga kita paham! Kemudian, kita gunakan 30 menit waktu untuk berlatih mengerjakan soal. Usahakan mencari soal yang di dalam kunci jawabannya terdapat cara mengerjakan soal itu (pembahasan soal) supaya kita sanggup mempelajari cara menjawab soal dan cara memakai rumus terutama soal hitungan. Dan yang terakhir, kita gunakan 15 menit untuk evaluasi. Maksudnya yaitu kita membaca cocokan hasil latihan soal kita dengan kunci jawaban. Jika ada yang salah atau tidak sanggup kita kerjakan, coba simak pembahasannya dan pahami bagaimana cara menjawab soal itu.

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. Belajar Mengatur Waktu dan Memahami Manfaatnya

  2. Rahasia Tepat Waktu Tanpa Harus Tepat Waktu

  3. 5 Hal Yang Bikin Kita Malas Belajar

  4. Jadikan Belajar Seperti Makan, Anda Akan Lapar Jika Tidak Melakukannya

  5. Tips Belajar Menjelang UN


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

Facebook Twitter Google+

Back To Top