close
Artikel Klarifikasi Fungsi Ribosom (Artikel Lengkap) - Tulisan-Tulisan Kuliahku

Halaman

Selasa, 20 Maret 2018

Artikel Klarifikasi Fungsi Ribosom (Artikel Lengkap)

Ribosom ialah organel yang mensintesis protein. Protein dibutuhkan untuk banyak fungsi seluler ibarat memperbaiki kerusakan atau mengarahkan proses kimiawi. Ribosom sanggup ditemukan mengapung di dalam sitoplasma atau melekat pada retikulum endoplasma. Ribosom terdiri dari dua komponen utama, yaitu subunit ribosom kecil (membaca RNA) dan subunit besar (bergabung dengan asam amino untuk membentuk rantai polipeptida). Berikut ialah klarifikasi fungsi ribosom. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Ribosom (Artikel Lengkap)

Ribosom ialah organel yang mensintesis protein Artikel Penjelasan Fungsi Ribosom (Artikel Lengkap)retikulum endoplasma kasar.

Translasi

Ribosom ialah kawasan kerja biosintesis protein, yakni proses menerjemahkan mRNA menjadi protein. mRNA terdiri dari serangkaian kodon yang mengatur ribosom. Urutan asam amino dibutuhkan untuk mensintesis protein. Dengan memakai mRNA sebagai templat, ribosom melintasi masing-masing kodon (3 nukleotida) mRNA, memasangkannya dengan asam amino yang sesuai yang disediakan oleh aminoasil-tRNA. Aminoasil-tRNA mengandung antikodon komplementer pada satu ujung dan asam amino di sisi lain. Untuk mengidentifikasi tRNA yang sesuai dengan lebih cepat dan akurat, ribosom memakai perubahan konformasi yang besar. Subunit ribosom kecil biasanya terikat pada aminoasil-tRNA yang mengandung metionin asam amino, yang terikat pada kodon AUG pada mRNA. Ribosom mengandung tiga kawasan pengikatan RNA yaitu A, P, dan E. A mengikat aminoasil-tRNA. P mengikat peptidil-tRNA. Sedangkan E mengikat tRNA bebas sebelum keluar dari ribosom. Sintesis protein dimulai pada kodon awal AUG di bersahabat ujung mRNA. mRNA mengikat P terlebih dahulu. Ribosom bisa mengidentifikasi kodon awal dengan memakai rangkaian  Shine-Dalgamo mRNA di prokariota dan kotak Kozak di eukariota.


Anda bisa request artikel apa saja melalui hedisasrawan@gmail.com atau pribadi saja lewat komentar dibawah :)

Facebook Twitter Google+

Back To Top