close
Artikel Struktur Ginjal Insan (Artikel Lengkap) - Tulisan-Tulisan Kuliahku

Halaman

Sabtu, 30 Desember 2017

Artikel Struktur Ginjal Insan (Artikel Lengkap)

Ginjal yaitu dua organ berbentuk kacang merah yang ditemukan di sisi kiri dan kanan badan manusia. Letak ginjal berada di rongga perut masing-masing di setiap sisi tulang belakang, dan terletak pada posisi retroperitoneal pada sudut yang agak miring. Posisi kedua ginjal asimetri sebab posisi hati, sehingga ginjal kanan lebih rendah dan berukuran lebih kecil dari pada ginjal kiri, dan ditempatkan sedikit lebih ke tengah daripada ginjal kiri. Ginjal kiri terletak pada tingkat tulang belakang T12 hingga L3, sedangkan ginjal kanan sedikit lebih rendah. Ginjal kanan berada sempurna di bawah diafragma dan posterior hati. Ginjal kiri berada di bawah diafragma dan posterior limpa. Di atas setiap ginjal terdapat kelenjar adrenalin. Bagian atas ginjal sebagian dilindungi oleh tulang rusuk ke-11 dan ke-12. Bagian superior ginjal kanan bersebelahan dengan hati. Setiap ginjal beserta kelenjar adrenal dikelilingi oleh dua lapisan lemak yaitu lemak perirenal dan lemak pararenal.

Baca juga: 13 Fungsi Ginjal (Artikel Lengkap)

Struktur ginjal berbentuk ibarat kacang dengan cembungan dan cekungan. Daerah tersebunyi di pecahan cekungan yaitu hilum ginjal yang merupakan tempat arteri ginjal dan ureter memasuki ginjal. Ginjal dikelilingi oleh jaringan fibrosa yang keras dan kapsul ginjal.

Pada laki-laki dewasa, ginjal mempunyai berat antara 125 hingga 170 gram. Pada perempuan remaja berat ginjal antara 115 hingga 155 gram. Panjang ginjal pada orang remaja rata-rata 11,2 cm di sisi kiri dan 10,9 cm di sisi kanan. Volume ginjal rata-rata yaitu 146 cm3 di sebelah kiri dan 134 cm3 di sebelah kanan.

1. Anatomi Ginjal

Bagian dari: Anatomi Ginjal (Artikel Lengkap)

Ginjal terbagi menjadi dua struktur utama yaitu korteks di pecahan luar dan medula di pecahan dalam. Secara keseluruhan, struktur ini berbentuk delapan hingga 18 lobus ginjal berbentuk kerucut, masing-masing berisi korteks ginjal yang mengelilingi sebagian medula yang disebut piramida ginjal. Antar piramida ginjal terdapat proyeksi korteks yang disebut kolom ginjal. Nefron yang merupakan struktur fungsional penghasil urine ginjal, membentang dari korteks hingga medula. Bagian awal penyaringan pada nefron yaitu renal korpuskula yang terletak di korteks, kemudian diikuti dengan tubulus ginjal yang melewati korteks hingga pecahan dasar medula. Ujung masing-masing piramida mengeluarkan urine ke ureter.

2. Bagian-Bagian Ginjal

Selengkapnya: 20 Bagian-Bagian Ginjal Beserta Fungsinya

Berikut yaitu bagian-bagian ginjal beserta penjelasannya:

Ginjal yaitu dua organ berbentuk kacang merah yang ditemukan di sisi kiri dan kanan badan Artikel Struktur Ginjal Manusia (Artikel Lengkap)

  1. Calyces atau renal calyx, yaitu bilik ginjal tempat urine mengalir menuju pelvis kemudian ureter.
  2. Pelvis, yaitu titik temu dua atau tiga calyces. Fungsinya yaitu untuk meneruskan urine ke ureter.
  3. Medula, yaitu pecahan terdalam dari ginjal. Medula terdiri dari beberapa pecahan yang dikenal sebagai piramida ginjal. Di pecahan tersebut terdapat pecahan bawah nefron yakni lengkung henle dan sebagian tubulus.
  4. Korteks, yaitu pecahan luar ginjal antara kapsul ginjal dan medula. Pada korteks terdapat beberapa pecahan nefron ibarat glomerulus dan tubulus.
  5. Ureter, yaitu tabung yang terbuat dari serat otot polos yang mendorong urine dari ginjal ke kandung kemih.
  6. Vena ginjal, yaitu pembuluh darah yang membawa darah yang telah disaring ginjal menuju vena cava inferior.
  7. Arteri ginjal, yaitu pembuluh darah yang membawa darah dari aorta perut ke ginjal untuk dilakukan penyaringan darah serta suplai masakan dan oksigen ke ginjal.

3. Pasokan Darah ke Ginjal

Sirkulasi renal memasok darah ke ginjal melalui arteri ginjal kiri dan kanan, yang bercabang pribadi dari aorta perut. Meskipun ukurannya relatif kecil, ginjal mendapatkan sekitar 20% darah dari jantung.

Setiap cabang arteri renalis menjadi arteri segmental, kemudian bercabang lagi menjadi arteri interlobar yang menembus kapsul ginjal. Arteri interlobar kemudian memasok darah ke arteri arkuata yang melewati batas korteks dan medula. Setiap arteri arkuata memasok glomeruli.

Setelah penyaringan terjadi, darah bergerak melalui jaringan kecil venula yang bertemu menjadi vena interlobular. Seperti halnya distribusi arteriol, pembuluh darah mengikuti contoh yang sama. Interlobular memperlihatkan darah pada vena arkuata kemudian kembali ke vena interlobar, yang kemudian membentuk vena renalis yang keluar dari ginjal.

Tabel di bawah ini memperlihatkan jalur yang dilewati darah ketika melintasi glomerulus, yang berjalan turun pada arteri dan naik pada vena. Namun, model ini sudah sangat disederhanakan semoga lebih gampang memahaminya. Arteri dan vena interlobar (beda dengan interlobular) yang ada di antara dua lobus ginjal, juga dikenal sebagai kolom ginjal (daerah korteks antara dua piramida).

Arteri (turun)

Vena (naik)

Aorta abdominal Vena cava
Arteri renalis Vena renalis
Arteri segmental -
Arteri lobar -
Arteri interlobar Vena interlobar
Arteriol aferen Arteriol eferen
Glomerulus Glomerulus

4. Pasokan Saraf ke Ginjal

Ginjal dan sistem saraf berkomunikasi melalui pleksus ginjal, dimana jaringannya ada di sepanjang arteri ginjal yang mencapai setiap pecahan ginjal. Impuls dari sistem saraf simpatik memicu vasokonstriksi di ginjal, sehingga mengurangi pedoman darah ke ginjal. Ginjal juga mendapatkan impuls (rangsangan) dari sistem saraf parasimpatik melalui cabang ginjal nervus vagus, namun fungsinya masih belum jelas. Impuls sensorik dari ginjal bergerak ke tingkat T10-11 dari sumsum tulang belakang, kemudian diteruskan untuk memberikan rasa sakit pada ginjal.

5. Mikroanatomi Ginjal

Histologi renalis mempelajari struktur mikroskopik ginjal. Terdapat beberapa jenis sel pada ginjal yakni:

  1. Sel parietal glomerulus ginjal.
  2. Podosit glomerulus ginjal.
  3. Sel parenkim tubulus kontortus proksimal.
  4. Sel tipis lengkung henle.
  5. Sel tebal lengkung henle naik.
  6. Sel tubulus kontortus distal.
  7. Sel utama duktus kolektivus.
  8. Sel intercalated duktus kolektivus.
  9. Sel intersisial ginjal.

6. Bagian-Bagian Nefron

Selengkapnya: 7 Bagian-Bagian Nefron dan Fungsinya

Nefron yaitu unit fungsional ginjal. Berikut yaitu bagian-bagian nefron beserta klarifikasi fungsi:

Ginjal yaitu dua organ berbentuk kacang merah yang ditemukan di sisi kiri dan kanan badan Artikel Struktur Ginjal Manusia (Artikel Lengkap)

  1. Badan malpighi, yaitu jaringan berbentuk piramida pada ginjal. Disinilah nefron berada.
  2. Glomerulus, yaitu jaringan kapiler yang terletak di pecahan awal nefron ginjal. Fungsi glomerulus yaitu menyaring darah (filtrasi) sehingga menghasilkan urine primer.
  3. Kapsula bowman, yaitu selubung ibarat cangkir di pecahan awal nefron ginjal. Fungsi kapsula bowman yaitu menyelubungi glomerulus dan mengumpulkan hasil saringan glomerulus.
  4. Tubulus kontortus proksimal, yaitu pecahan nefron yang membentang dari kapsula bowman ke lengkung henle. Fungsi tubulus kontortus proksimal yaitu untuk melaksanakan penyerapan kembali (reabsorpsi) zat-zat pada urine primer yang masih diperlukan badan ibarat asam amino, glukosa, garam, dan air.
  5. Lengkung henle, yaitu pecahan melengkung ke bawah hingga menuju medula ginjal yang menghubungkan tubulus kontortus proksimal dengan tubulus kontortus distal. Fungsi lengkung henle yaitu mengkonsentrasikan urea dan mencegah pedoman balik urine.
  6. Tubulus kontortus distal, yaitu pecahan nefron yang berada di antara lengkung henle dan tubulus kolektivus. Fungsi tubulus kontortus distal yaitu untuk melepaskan zat (augmentasi) yang tidak mempunyai kegunaan lain sehingga menghasilkan urine sesungguhnya.
  7. Tubulus kolektivus, yaitu tabung sempit panjang yang menampung urine dari nefron. Fungsi tubulus kolektivus yaitu mengumpulkan urine dari beberapa nefron untuk dibawa ke pelvis.

7. Gen dan Ekspresi Protein pada Ginjal

Sekitar 20.000 gen diekspresikan dalam sel insan dan hampir 70% gen tersebut diekspresikan dalam ginjal remaja normal. Lebih dari 300 gen lebih spesifik diekspresikan di ginjal, dan hanya 50 gen yang sangat spesifik untuk ginjal. Banyak protein spesifik ginjal yang diekspresikan dalam membran sel dan berfungsi sebagai protein transporter. Protein spesifik ginjal tertinggi yang diekspresikan yaitu uromodulin yang banyak terkandung dalam urin dan berfungsi untuk mencegah kalsifikasi dan pertumbuhan bakteri. Protein spesifik diekspresikan dalam pecahan ginjal yang berbeda ibarat podosin dan nefrin yang diekspresikan di glomeruli, keluarga protein penyerap SLC22A8 yang diekspresikan di tubulus kontortus proksimal, calbindin yang diekspresikan dalam tubulus kontortus distal, dan aquaporin 2 yang diekspresikan di dalam sel duktus kolektivus.

8. Perkembangan Ginjal

Ginjal mamalia berkembang dari mesoderm. Perkembangan ginjal, yang juga disebut nefrogenesis, terdiri dari tiga fase perkembangan yaitu pronephros, mesonephros, dan metanephros.


Anda sanggup request artikel apa saja melalui hedisasrawan@gmail.com atau pribadi saja lewat komentar dibawah :)
Facebook Twitter Google+

Back To Top