close
Artikel Perjalanan Ke Desa Pinggan, Kintamani, Bangli: Cantik Sih, Tapi… - Tulisan-Tulisan Kuliahku

Halaman

Jumat, 29 Desember 2017

Artikel Perjalanan Ke Desa Pinggan, Kintamani, Bangli: Cantik Sih, Tapi…

Liburan sekolah saya manfaatkan dengan mengajak adik dan sepupu saya ke Desa Pinggan, yang kabarnya view sunrise-nya sangat menakjubkan. Saya sempatkan diri pagi-pagi sekali pergi kesana. Pukul setengah empat kami sudah bangkit dan pukul setengah lima kami berangkat. Perjalanan ke sana membutuhkan waktu sekitar 2 jam berdasarkan Google Maps. Benar saja, pukul setengah tujuh kami hingga di tujuan.

Seperti perkiraan, view-nya memang menakjubkan. Tampak hamparan desa dan jalan berlikuk di bawahnya, dan tiga gunung berderet. Paling depan ada Gunung Batur, lalu diikuti Gunung Abang dan Gunung Agung di belakangnya. Sayangnya kami tidak sanggup melihat sunrise karena telat dan tertutup awan. Tapi kami cukup puas.

Liburan sekolah saya manfaatkan dengan mengajak adik dan sepupu saya ke Desa Pinggan Artikel Perjalanan ke Desa Pinggan, Kintamani, Bangli: Bagus Sih, Tapi…

Panorama Gunung Batur yang menakjubkan. Tampak Gunung Abang dan Gunung Agung di belakangnya. Suasana berkabut menyebabkan foto ini makin indah meskipun sedikit underexposure berdasarkan saya. Menariknya, foto ini diambil oleh adik saya yang masih SMP. Difoto dengan Canon EOS M10 lensa kit 18-45mm pada 25mm f/4,5 1/60sec ISO 100.


Saya mengambil beberapa gambar disana. Saya mencoba lensa kit 18-135mm saya untuk memotret panorama. Namun hasilnya kurang maksimal sebab saya tidak membawa tripod dan tidak punya filter. Akhirnya saya ganti ke lensa fix 50mm untuk memotret sepupu saya. Bisa dilihat di Instagram saya (http://instagram.com/hedisasrawan).

Liburan sekolah saya manfaatkan dengan mengajak adik dan sepupu saya ke Desa Pinggan Artikel Perjalanan ke Desa Pinggan, Kintamani, Bangli: Bagus Sih, Tapi…

Ini yaitu salah satu foto terbaik saya dari Desa Pinggan. Foto sepupu saya yang sedang menikmati pemandangan dari atas kaldera. Difoto dengan Canon EOS 800D lensa kit 18-135mm pada 18mm f/3,5 1/100sec ISO 400.

Saya tidak usang disana, hanya sekitar 30 menit. Karena tidak ada apa-apa lagi selain panoramanya yang indah. Akhirnya kami pun pulang. Saat hendak menyalakan mesin mobil, tiba-tiba ada seseorang menghampiri saya. Saya ditagih Rp 25.000 oleh seseorang yang mengaku pemilik tanah disana. Saya terkejut. Hanya kawasan dengan tanpa akomodasi apa pun ibarat toilet, kawasan parkir yang lebih layak, dan kawasan foto yang nyaman. Tempat itu hanya tanah biasa yang tanpa disemen apalagi diratakan. Bahkan tanpa karcis jikalau itu retribusi desa. Jika hanya bayar Rp 5.000 untuk parkir, saya masih sanggup toleransi. Tapi Rp 25.000 itu pemalakan namanya. Saya ingin mengajak berdebat wacana dasar apa patokan tarif Rp 25.000 tersebut, tapi tampaknya mereka preman yang suka bermain kasar.

(Ternyata tidak saya sendiri saja, coba saja cek di Google Maps review orang lain wacana kawasan itu)

Saya sangat menyayangkan tindakan pungutan liar ibarat itu. Mereka tampaknya hanya memikirkan jangka pendek saja. Pantas saja selama beberapa tahun kawasan itu viral, kawasan itu tidak pernah berkembang dan ramai. Padahal panoramanya sangat indah.

Beda kasus dengan Monkey Forest Ubud yang tiketnya seharga Rp 30.000 per orang (lokal) yang berdasarkan saya sangat sebanding dengan keindahan hutan beserta monyet yang tinggal disana; jumlah petugasnya yang berdasarkan saya sangat banyak; toilet yang bersih, berfungsi, bahkan mewah; parkir yang nyaman dan bahkan gratis; galeri seni; ada karcis yang niscaya sebagian laba dipakai untuk kepentingan desa setempat; dan akomodasi untuk pejalan kaki yang sangat memadai. Sehingga meskipun cukup mahal, saya masih maklum. Sama halnya dengan kawasan wisata lain di Bali yang sudah dikelola secara profesional ibarat Pura Ulun Danu, Tanah Lot, Sangeh, dan Taman Ayun.

Banyak kawasan yang saya kritisi sebab tampaknya kurang memikirkan keberlangsungan objek wisata tersebut. Seperti Pura Besakih yang banyak ada pemalak bermodus pemandu wisata; beberapa destinasi dimana gres saja keluar dari kendaraan beroda empat sudah dikerubungi pedagang asongan yang secara memaksa menunjukkan dagangannya; dan salah satu dermaga di Danau Beratan yang harus bayar Rp 5.000 sekali foto. Tidak hanya Bali, beberapa destinasi wisata di Yogyakarta juga tampaknya mulai bermunculan hal yang justru menciptakan wisatawan tidak nyaman.

Secara jangka pendek memang menguntungkan, namun kebanyakan orang yang berkunjung ke sana akan kapok ke sana. Mungkin itulah mengapa beberapa destinasi wisata gres di Bali tidak sanggup berkembang lebih lanjut bahkan menjadi sepi. Sementara destinasi wisata yang sudah dikelola secara profesional dan berkelanjutan semakin berkembang dan semakin banyak menghasilkan keuntungan.

Semoga pemerintah lebih mengatakan edukasi kepada masyarakat sekitar destinasi wisata wacana bagaimana cara menangani wisatawan dan cara mendapat laba secara berkelanjutan. Karena pada kesannya semua pihak akan diuntungkan.

Facebook Twitter Google+

Back To Top