close
Artikel Sel Binatang (Artikel Lengkap) - Tulisan-Tulisan Kuliahku

Halaman

Kamis, 28 Juni 2018

Artikel Sel Binatang (Artikel Lengkap)

Sel binatang yakni sel eukariotik yang mempunyai bentuk tidak teratur dan dikelilingi membran sel. Sel binatang dan sel tumbuhan mempunyai beberapa perbedaan dan persamaan. Contohnya, sel binatang tidak mempunyai dinding sel atau kloroplas. Keduanya merupakan sel eukariotik yang berarti mempunyai beberapa organel yang umum menyerupai inti sel, mitokondria, dan retikulum endoplasma.

Bagian dari: Sel (Artikel Lengkap Biologi)

Sel binatang yakni sel eukariotik yang mempunyai bentuk tidak teratur dan dikelilingi membran Artikel Sel Hewan (Artikel Lengkap)Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Sel binatang dan sel tumbuhan serupa alasannya keduanya merupakan eukariotik dan mempunyai organel yang sama. Sel binatang umumnya berukuran lebih kecil daripada sel tumbuhan. Sel binatang juga mempunyai aneka macam ukuran dan bentuk yang cenderung tidak teratur, sementara sel tumbuhan mempunyai ukuran yang lebih menyerupai satu sama lain dan biasanya berbentuk persegi panjang atau kubus. Sel tumbuhan juga mempunyai struktur yang tidak ditemukan dalam sel binatang menyerupai dinding sel, vakuola besar, dan plastida. Sel binatang juga mempunyai struktur yang biasanya tidak ditemukan dalam sel tumbuhan menyerupai sentriol, lisosom, silia, dan flagelata. Berikut yakni tabel perbedaan sel binatang dengan sel tumbuhan:

Dilihat Dari

Sel Hewan

Sel Tumbuhan

Dinding sel Tidak ada Ada (terbentuk dari selulosa)
Bentuk Bulat (tidak beraturan) Persegi panjang (bentuk tetap)
Vakuola Satu atau lebih vakuola kecil (lebih kecil dari yang dimiliki sel tumbuhan) Satu dan berukuran besar (90% dari volume sel tumbuhan)
Sentriol Ada di semua sel hewan Hanya ada dalam bentuk tumbuhan tingkat rendah (seperti chlamydomonas)
Kloroplas Tidak ada Sel tumbuhan mempunyai kloroplas untuk menciptakan makanannya sendiri
Plastida Tidak ada Ada
Membran plasma Hanya pada membran sel Pada dinding sel dan membran sel
Flagela Ada di beberapa sel (seperti sel sperma mamalia) Ada di beberapa sel (seperti sel jantan bryophyta dan pteridophyta, sikas, dan ginkgo)
Lisosom Lisosom terjadi di sitoplasma Lisosom biasanya tidak jelas
Silia Ada Kebanyakan sel tumbuhan tidak mempunyai silia

2. Bagian-Bagian Sel Hewan

Sel binatang yakni sel eukariotik yang mempunyai bentuk tidak teratur dan dikelilingi membran Artikel Sel Hewan (Artikel Lengkap)bahasa Indonesia. Berikut yakni klarifikasi bagian-bagiannya:

  1. Membran sel, yakni membran yang memisahkan bab dalam sel dari lingkungan luar. Membran sel terdiri dari dua lapisan lipid dengan protein. Fungsi membran sel yakni melindungi sel, mengontrol pergerakan zat masuk dan keluar dari sel, dan konduktivitas sinyal sel.
  2. Sentriol, yakni struktur berbentuk tabung yang terlibat dalam pembelahan sel serta pembentukan silia dan flagela.
  3. Silia dan flagela, yakni alat bantu pergerakan sel. Struktur silia menyerupai rambut, dan flagela menyerupai cambuk.
  4. Sitoplasma, yakni seluruh materi di dalam sel antara membran sel dan inti sel. 80% dari sitoplasma yakni air dan sisanya merupakan organel atau zat lain, sehingga umumnya sitoplasma tidak berwarna.
  5. Sitoskeleton, yakni jaringan filamen yang meluas ke seluruh sitoplasma. Fungsi sitoskeleton yakni menjaga bentuk sel dan menjadi kerangka sel.
  6. Retikulum endoplasma, yakni organel berupa kantung-kantung yang saling berhubungan. Terdapat dua jenis retikulum endoplasma (RE), yaitu RE garang dan RE halus. Pada RE garang terdapat beberapa ribosom yang berperan dalam sintesis protein. Sedangkan RE halus tidak mempunyai ribosom yang berfungsi menjalankan beberapa proses metabolisme menyerupai sintesis lipid, metabolisme karbohidrat, detoksifikasi obat-obatan, dan kawasan melekatnya reseptor pada protein membran sel.
  7. Badan golgi, yakni organel yang berfungsi mengemas protein ke dalam vesikula terikat membran sebelum dikirim ke kawasan tujuan.
  8. Lisosom, yakni organel berupa bola vesikula yang mengandung enzim hidrolitik yang sanggup memecah aneka macam jenis biomolekul. Lisosom mencerna dan mendaur ulang materi intraseluler. Lisosom juga berperan sebagai sistem pembuangan limbah sel dengan mencerna materi yang tidak diinginkan di sitoplasma.
  9. Mikrotubulus, yakni polimer tubular tubulin yang membentuk bab dari sitoskeleton yang memperlihatkan struktur dan bentuk sel. Fungsi mikrotubulus yakni mempertahankan struktur sel, membentuk struktur internal silia dan flagela, dan menyediakan dasar transpor intraseluler.
  10. Mitokondria, yakni organel membran ganda yang menghasilkan sebagian besar energi ATP (adenosin trifosfat) sel yang dipakai sebagai sumber energi kimia. Mitokondria juga mempunyai DNA independen menyerupai pada inti sel.
  11. Inti sel atau nukleus, yakni organel tertutup membran yang mengandung sebagian besar materi genetik sel. Di dalamnya terdapat untaian molekul DNA yang membentuk kromosom. Fungsi inti sel yakni mengendalikan kegiatan sel dengan mengatur ekspresi gen.
  12. Peroksisom, yakni organel yang terlibat dalam katabolisme rantai asam lemak yang sangat panjang.  Asam lemak akan disederhanakan melalui beta oksidasi sebelum dibawa ke mitokondria.
  13. Ribosom, yakni mesin molekul kompleks yang berfungsi sebagai kawasan melaksanakan sintesis protein. Ribosom menghubungkan asam amino dalam urutan yang ditentukan oleh mRNA.

3. Jenis-Jenis Sel Hewan

Dalam struktur hierarki kehidupan, sel yakni unit kehidupan yang paling sederhana. Organisme binatang sanggup terdiri dari triliunan sel. Di dalam badan manusia, ada ratusan jenis sel yang berbeda. Sel tersebut tiba dalam aneka macam bentuk, ukuran, dan struktur sesuai dengan fungsinya. Misalnya pada sel saraf atau neuron mempunyai bentuk dan fungsi yang jauh berbeda dari sel darah merah. Sel saraf mengangkut sinyal listrik ke seluruh sistem saraf. Bentuk selnya memanjang dan tipis, dengan proyeksi yang memanjang keluar untuk berkomunikasi dengan sel saraf lain untuk mengirim impuls saraf. Sedangkan tugas utama sel darah merah yakni untuk mengangkut oksigen ke sel-sel tubuh. Bentuknya yang berupa cakram kecil fleksibel memungkinkannya melaksanakan manuver melalui pembuluh darah kecil untuk mengirim oksigen ke organ dan jaringan.

Facebook Twitter Google+

Back To Top