close
Artikel Mengenal 10 Macam Jenis Lensa Dslr/Mirrorless - Tulisan-Tulisan Kuliahku

Halaman

Jumat, 16 Februari 2018

Artikel Mengenal 10 Macam Jenis Lensa Dslr/Mirrorless

Saat aku masih awam, aku masih belum paham apa fungsi lensa pada DSLR/mirrorless? Kenapa bisa diganti-ganti? Dan yang terpenting, kenapa harganya sangat mahal bahkan jauh melebihi harga kamera itu sendiri? Setelah aku cukup mendalami fotografi, karenanya aku paham semua hal tersebut. Bahkan aku menganggap lensa ialah bab terpenting dari kamera dan memilih manis tidaknya hasil foto. Terdapat berbagai jenis lensa yang bervariasi dalam hal panjang fokal (focal length) dan ada beberapa fitur tertentu menyerupai pada lensa makro dan tilt-shift. Berikut ialah 10 macam-macam jenis lensa DSLR/mirrorless. Mohon maaf, sebagian besar lensa di ilustrasi ialah merek Canon alasannya hanya itu yang aku kuasai. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Lensa Fix

 aku masih belum paham apa fungsi lensa pada DSLR Artikel Mengenal 10 Macam Jenis Lensa DSLR/Mirrorless  aku masih belum paham apa fungsi lensa pada DSLR Artikel Mengenal 10 Macam Jenis Lensa DSLR/Mirrorless
Lensa fix 50mm f/1,8 (Wikimedia)
Hasil fotonya (sample-image.com)


Lensa fix ialah lensa yang mempunyai panjang fokal yang tidak sanggup diubah. Keunggulan lensa fix dibandingkan lensa zoom ialah bukaan lensanya yang lebih besar sehingga hasil foto lebih terperinci dan efek bokeh lebih mantap. Lensa fix sangat cocok dipakai untuk street photography dan potrait photography. Rentang panjang fokal lensa fix yang ada di pasaran mulai dari 14mm hingga 200mm. Sesungguhnya ada yang hingga 800mm, namun aku masukkan ke dalam lensa telefoto. Meskipun ada banyak varian, panjang fokal yang biasa dipakai untuk memotret biasanya 24, 35, 50, dan 85mm.

2. Lensa Zoom Wide-Angle

 aku masih belum paham apa fungsi lensa pada DSLR Artikel Mengenal 10 Macam Jenis Lensa DSLR/Mirrorless  aku masih belum paham apa fungsi lensa pada DSLR Artikel Mengenal 10 Macam Jenis Lensa DSLR/Mirrorless
Lensa Canon EF 11-24mm f/4L USM
Hasil foto Canon EF 11-24mm f/4L USM
Lensa zoom wide-angle ialah lensa zoom yang mempunyai panjang fokal antara 10 hingga 24mm. Lensa ini umumnya dipakai untuk landscape photography dan architecture photography alasannya sudut pandang lensa yang lebih luas sehingga lebih banyak objek yang bisa masuk ke foto.

3. Lensa Zoom Standar

 aku masih belum paham apa fungsi lensa pada DSLR Artikel Mengenal 10 Macam Jenis Lensa DSLR/Mirrorless  aku masih belum paham apa fungsi lensa pada DSLR Artikel Mengenal 10 Macam Jenis Lensa DSLR/Mirrorless
Lensa Canon EF-S 18-55mm f3,5-5,6 IS STM
Hasil foto dengan lensa tersebut
Lensa zoom standar biasa disebut lensa kit alasannya umumnya disertakan dalam paket penjualan kamera. Sering pula disebut “lensa sapujagat” alasannya mempunyai panjang fokal dari lebar (18mm) hingga telefoto (200mm). Sehingga sangat ideal bagi pemula alasannya fleksibilitasnya. Ada kekurangan dari lensa ini, yakni harganya mahal (terutama lensa yang tergolong “sapujagat”) dan bukaan lensa yang kecil (mulai dari f/3,5. Jika di zoom bahkan semakin sempit hingga f/5,6) sehingga hasil foto cenderung lebih gelap dan bokeh yang kurang maksimal.

4. Lensa Zoom Telefoto

 aku masih belum paham apa fungsi lensa pada DSLR Artikel Mengenal 10 Macam Jenis Lensa DSLR/Mirrorless  aku masih belum paham apa fungsi lensa pada DSLR Artikel Mengenal 10 Macam Jenis Lensa DSLR/Mirrorless
Lensa Canon EF 200-400m f/4L IS USM Extender 1,4x
Hasil fotonya (kamera mungkin berbeda dari gambar di kiri)
Lensa zoom telefoto ialah lensa berkemampuan zoom dengan panjang fokal 100mm hingga 400mm. Lensa ini cocok dipakai untuk wildlife photography dan sport photography. Umumnya harga lensa ini mahal, bahkan ada yang mencapai ratusan juta Rupiah.

5. Lensa Telefoto

 aku masih belum paham apa fungsi lensa pada DSLR Artikel Mengenal 10 Macam Jenis Lensa DSLR/Mirrorless  aku masih belum paham apa fungsi lensa pada DSLR Artikel Mengenal 10 Macam Jenis Lensa DSLR/Mirrorless
Canon EF 800mm f/5,6L IS USM. Harganya hampir menyentuh 200 juta Rupiah!
Hasil foto Canon EF 800mm f/5,6L IS USM
Lensa telefoto ialah lensa fix dengan panjang fokal di atas 200mm. Ciri khasnya ialah ukurannya yang sangat besar hingga lebih menyerupai mirip meriam (bahasa Inggris: canon). Harganya pun sangat mahal mulai dari puluhan hingga ratusan juta Rupiah. Lensa ini dipakai untuk wildlife photography dan sport photography.

6. Lensa Makro

 aku masih belum paham apa fungsi lensa pada DSLR Artikel Mengenal 10 Macam Jenis Lensa DSLR/Mirrorless  aku masih belum paham apa fungsi lensa pada DSLR Artikel Mengenal 10 Macam Jenis Lensa DSLR/Mirrorless
Canon EF 100mm f/2,8L Macro IS USM
Hasil Canon EF 100mm f/2,8L Macro IS USM
Lensa makro ialah lensa dengan kemampuan fokus pada benda lebih erat daripada lensa lain, sehingga cocok dipakai untuk memotret objek berukuran kecil menyerupai serangga dan bab tumbuhan. Terdapat genre khusus yang cocok dengan lensa ini yaitu macro photography.

7. Lensa Tilt-Shift

 aku masih belum paham apa fungsi lensa pada DSLR Artikel Mengenal 10 Macam Jenis Lensa DSLR/Mirrorless
Lensa Canon TS-E 24mm f/3,5L II
 aku masih belum paham apa fungsi lensa pada DSLR Artikel Mengenal 10 Macam Jenis Lensa DSLR/Mirrorless
Contoh hasil lensa tilt shift sebelum (kiri) dan setelah (kanan)
Lensa tilt-shift ialah lensa yang sanggup digeser dan dimiringkan. Kemampuan tersebut menciptakan lensa sanggup menciptakan perspektif yang berbeda, misalnya meluruskan perspektif bangunan dan menciptakan efek toy camera. Lensa ini cocok untuk fotografi arsitektur atau menciptakan efek unik.

8. Lensa Fish-Eye

 aku masih belum paham apa fungsi lensa pada DSLR Artikel Mengenal 10 Macam Jenis Lensa DSLR/Mirrorless  aku masih belum paham apa fungsi lensa pada DSLR Artikel Mengenal 10 Macam Jenis Lensa DSLR/Mirrorless
Lensa Canon EF 8-15mm f/4L Fisheye USM
Hasil foto memakai lensa Canon EF 8-15mm f/4L Fisheye USM
Lensa fish-eye ialah lensa dengan distorsi tinggi alasannya panjang fokalnya sangat pendek, yakni di bawah 10mm, sehingga super ultra wide. Kamu boleh menyukainya atau membencinya, alasannya harganya cukup mahal dan mempunyai distorsi yang tinggi. Tapi bagi para pengguna lensa fish-eye, distorsi tersebut yang justru dicari alasannya hasil fotonya menjadi unik.

9. Lensa Extender/Teleconverter

 aku masih belum paham apa fungsi lensa pada DSLR Artikel Mengenal 10 Macam Jenis Lensa DSLR/Mirrorless
Lensa Canon extender EF 1,4x
Lensa teleconverter ialah lensa yang dipakai untuk memperpanjang fokal lensa, sehingga mempermudah memotret objek yang jauh. Namun ada kekurangannya, yaitu ketajaman foto menurun. Biasanya bisa memperpanjang fokal dari 1,4x dan 2x. Misalnya kita memasang lensa 200mm pada teleconverter 2x, maka panjang fokal karenanya ialah 200 x 2 = 400mm.

10. Adapter Lensa

 aku masih belum paham apa fungsi lensa pada DSLR Artikel Mengenal 10 Macam Jenis Lensa DSLR/Mirrorless
Adapter Nikon ke Canon
Lensa ini dipakai untuk memasang lensa vendor lain. Misalnya lensa Sony ke kamera Canon. Atau lensa EF (untuk DSLR Canon) dipasangkan ke EOS M (kamera mirrorless Canon).

Anda bisa request artikel apa saja melalui hedisasrawan@gmail.com atau pribadi saja lewat komentar dibawah :)

Facebook Twitter Google+

Back To Top